Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Alam Paling Terkenal di Indonesia yang Harus Dikunjungi


Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang merupakan rumah bagi 167 gunung berapi aktif, jauh lebih banyak daripada negara lain mana pun. Tidak mengherankan, kepulauan terbesar di dunia ada banyak pantai dan gunung yang menjadi daya tarik wisatawan. Kepulauan ini memiliki beberapa jalur hutan tropis terbesar yang tersisa di dunia, dan merupakan rumah bagi penyelaman dan snorkeling yang indah.

Berikut adalah beberapa tempat wisata alam paling terkenal di Indonesia.

1. Raja Ampat.


Kepulauan Raja Ampat adalah serangkaian empat pulau yang berdekatan dan terletak di bagian barat Kepala Burung, Pulau Papua. Secara administratif, gugus ini terletak di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Pulau-pulau tersebut sekarang menjadi tujuan penyelam yang tertarik dengan keindahan pemandangan bawah laut. Kepulauan Raja Ampat adalah tempat yang memiliki potensi untuk dijadikan objek wisata, terutama wisata selam. Perairan Kepulauan Raja Ampat menurut berbagai sumber, adalah salah satu dari 10 perairan terbaik untuk lokasi penyelaman di seluruh dunia. Bahkan, mungkin juga diakui sebagai nomor satu untuk melengkapi flora dan fauna bawah laut pada saat ini.

2. Pulau Flores.


Flores termasuk dalam gugusan Kepulauan Sunda Kecil dengan Bali dan NTB. Pulau Flores, Pulau Timor, Pulau Sumba dan Kepulauan Alor adalah empat pulau utama di Provinsi NTT yang merupakan salah satu provinsi kepulauan di Indonesia yang memiliki 566 pulau. Pulau Flores menawarkan berbagai pemandangan alam dan budaya. Daya tarik paling terkenal di Flores adalah Calimera gunung berapi Kelimutu, yang memiliki tiga warna. Flores juga memiliki industri ekowisata yang berkembang, di mana para pelancong dapat mengunjungi desa-desa tradisional, tinggal bersama keluarga setempat dan bergabung dalam kegiatan-kegiatan seperti mengamati flora dan fauna atau trekking melihat keindahan lingkungan sekitarnya.

3. Taman Nasional Komodo.


Taman Nasional Komodo terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur, juga sangat dekat dengan pulau Sumbawa di provinsi Nusa Tenggara Barat. Taman nasional ini terdiri dari tiga pulau besar yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar dan beberapa pulau kecil. Daya tarik utama Taman Nasional Komodo adalah keberadaan reptil raksasa purba komodo (Varanus komodoensis),. tetapi keaslian dan kekhasan alam, terutama panorama Savana dan Panorama bawah laut, merupakan daya tarik pendukung yang potensial. Wisata bahari, misalnya, memancing, snorkeling, menyelam, kano, dan berperahu. Sementara di darat, potensi wisata alam yang bisa dilakukan adalah mengamati binatang, hiking, dan berkemah. Mengunjungi Taman Nasional Komodo dan menikmati pemandangan alam yang paling menawan adalah pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan.

4. Pulau Lombok.



Pulau Lombok adalah sebuah pulau di Kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang dipisahkan oleh Selat Lombok dari Bali di sebelah barat, dan Selat Alas di sebelah timur Sumbawa. Lombok sering dibandingkan dengan tetangga terdekatnya, Bali. Pulau ini memiliki pantai yang indah dan pemandangan vulkanik yang sama dengan Bali,. tempat wisata alam yang dapat dikunjungi antara lain Pantai Senggigi, Gili Air, Gili Trawangan, Gunung Rinjani, Pantai Kuta Lombok dll. Karena memiliki banyak tempat wisata, tidak mengherankan jika pulau Lombok dikunjungi oleh banyak wisatawan asing.

5. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.


Taman Nasional Bromo Tengger Semeru adalah taman nasional di Jawa Timur, Indonesia,. terletak di wilayah administrasi Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Probolinggo. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru terkenal dengan pemandangannya yang menakjubkan dan merupakan tujuan favorit. untuk pendaki gunung karena Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di Pulau Jawa.

6. Bali.


Bali adalah provinsi di Indonesia. Ibukota provinsi adalah Denpasar. Bali juga merupakan salah satu pulau di Kepulauan Nusa Tenggara. Bali adalah primadona pariwisata Indonesia yang sudah terkenal di seluruh dunia. Selain terkenal dengan keindahan alamnya, terutama pantainya, Bali juga terkenal dengan seni dan budayanya yang unik dan menarik. Industri pariwisata berpusat di Bali Selatan dan di beberapa daerah lain. Lokasi wisata utama adalah Kuta dan sekitarnya seperti Legian dan Seminyak. Timur kota adalah Sanur, di pusat kota adalah Ubud, dan di selatan ada Jimbaran, Nusa Dua, dan Pecatu. Bali sebagai tujuan wisata yang lengkap dan terintegrasi memiliki banyak tempat wisata yang menarik dan menakjubkan. berkunjung tidak berarti ingin menghancurkannya tetapi agar kita sadar bahwa ada begitu banyak tempat yang indah dan menakjubkan untuk dilestarikan.